Home / Uncategorized / MAHASISWA TEPAT PILIH ILMU KOMUNIKASI

MAHASISWA TEPAT PILIH ILMU KOMUNIKASI

MEDAN, Waspada.co.id – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) mulai Kamis (5/9).



Dalam pembukaan acara tersebut, Ketua STIK-P Dr H Sakhyan Asmara MSP mengatakan mahasiswa baru diharapkan mengikuti kegiatan orientasi dengan baik dan bersungguh-sungguh seperti para senior sebelumnya.



“Pasalnya kegiatan ini merupakan proses orientasi bagi mahasiswa, sehingga kalian menjadi  paham dan mengenal tentang kehidupan kampus, khususnya di STIK-P ini,” kata Sakhyan.



Dijelaskan, STIK-P mengasuh disiplin ilmu komunikasi yang memang dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan. Untuk itu, para mahasiswa baru diminta agar mampu belajar dengan baik di STIK-P saat sudah memasuki masa perkuliahan.



“Komunikasi saat ini sangat dibutuhkan dalam segala aspek, termasuk dalam dunia demokrasi. Tentunya itu menunjukkan kehidupan politik pastinya sangat membutuhkan praktisi komunikasi, termasuk media,” ujarnya.



“Ini sekaligus menegaskan praktisi dan lulusan komunikasi banyak diburu banyak pihak baik pemerintah maupun perusahaan swasta. Ini mengingat semakin hari komunikasi menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari,” tegas mantan Sesmenpora ini.



Menurut Sakhyan, ilmu komunikasi saat ini tidak lagi hanya didapat dari buku atau bahkan kelas, tapi juga di lapangan. Intinya, memang segala profesi butuh ahli komunikasi yang bisa beradaptasi di seluruh bidang.



“Contoh proses pemilu, kampanye, pilkada, haji, politik, semuanya melibatkan ahli dan praktisi komunikasi,” tegasnya.



Lanjut Sakhyan, mahasiswa baru STIK-P diharapkan jadi pemegang peranan penting di kehidupan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan kehidupan masyarakat dalam beberapa tahun ke depan.



Ketua BEM STIK-P, Odi Siregar, menjelaskan PKKMB diisi berbagai kegiatan meliputi ceramah akademik dan kemahasiswa, konsentrasi ilmu jurnalistik, broadcasting, dan public  relations. Selain itu, ada pelatihan fotografi dan public speaking plus pendidikan karakter dan sharing alumni.



“Sabtu (7/9) ini, kami menggelar outbound di Sibolangit dan selanjutnya penutupan di kampus. Sehabis itu, kegiatan diakhiri dengan malam keakraban yang melibatkan seluruh civitas akademika STIK-P,” kata Odi.

Leave a Reply

Powered by keepvid themefull earn money