Home / Uncategorized / MAHASISWA STIK-P WAJIB PAHAM TABLE MANNERS

MAHASISWA STIK-P WAJIB PAHAM TABLE MANNERS

MEDAN, Waspada.co.id – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan terus  meningkatkan kualitas dan wawasan para mahasiswanya. Salah satunya dengan praktik Table Manners di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Sabtu (13/7).



Hj Ida Tumengkol BComm MHum, dosen pengajar Protokoler di STIK-P, mengatakan bahwa table manners banyak digunakan oleh beberapa negara di dunia dengan cara masing-masing dan juga sering sekali digunakan oleh berbagai kalangan umum. Awalnya, table manners diperkenalkan oleh Raja Louis dari Prancis.



Kegiatan ini, kata Ida, juga sangat penting bagi mahasiswa STIK-P, karena banyak hal yang bisa didapat, terutama dalam menjaga etika seseorang saat berada di meja makan. Karena itu, table manners wajib dipahami mahasiswa agar mereka sudah siap bila berada dalam situasi tersebut.



“Bagi mahasiswa STIK-P, khususnya jurusan PR maupun jurnalistik, mereka wajib paham table manners. Toh, mereka juga akan sesekali diundang dan menghadiri jamuan makan resmi. Bahkan bisa juga di antara para lulusan bakal menjadi pejabat atau diundang tamu asing. Jadi ini penting bagi mahasiswa STIK-P,” ujar Ida.



“Mahasiswa pun wajib mendandani diri dengan pakaian resmi berupa jas atau kebaya. Jadinya, selain paham etika di meja makan, mereka tidak canggung lagi bila benar-benar dijamu dan harus mengenakan busana resmi pula,” sambungnya.




Dalam praktiknya, peserta turut diperkenalkan menu appetizer (makanan pembuka), salad, soup, main course (makanan utama) serta dessert (makanan penutup). Uniknya, Ida menjelaskan bahwa table manners tersebut merupakan praktik Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Protokoler di STIK-P.



“Kami cukup bangga STIK-P memilih hotel kami sebagai lokasi praktik table manners. Apalagi, mahasiswanya benar-benar mempersiapkan diri layaknya jamuan makan resmi lengkap dengan busananya. Dari pengamatan saya, mereka pun sudah memahami table manners, salut,” kata Asisten Banquet Manager Hotel Santika Premiere Dyandra, Raymond.



Setelah praktik, mahasiswa diajak tur keliling melihat fasilitas hotel mulai dari kamar, restoran, ruang pertemuan, kolam renang, dan sebagainya. Kepada Waspada Online, Mega Mentari mengaku senang dengan tambahan wawasan table manners dan praktiknya di hotel.



“Tentu saja ini pengalaman berharga bagi mahasiswa. Kini, kami sudah punya modal table manners dan dijamin tidak canggung lagi nantinya bila menghadiri jamuan resmi di masa mendatang, baik sebagai jurnalis maupun pejabat atau istrinya, hehehehe,” kata Mega, mahasiswa semester VII tersebut.

Leave a Reply

Powered by keepvid themefull earn money