PANDEMI COVID-19 BUKAN PENGHALANG MAHASISWA STIK-P PRAKTIK LAPANGAN

MEDAN - Dalam rangka mengembangkan dan memperdalam ilmu jurnalistik maupun broadcasting mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi "Pembangunan" (STIK-P) Medan rutin menggelar kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai tempat.

Perusahaan pers tak luput sebagai tujuan dilaksanakannya agenda tahunan kali ini. Sebanyak lima mahasiswa konsentrasi Broadcasting dan dua konsentrasi Ilmu Jurnalistik ditempatkan menggali pengalaman dan menambah wawasan di Waspada Online yang notabene perusahaan media online nasional.

Ketujuh mahasiswa diantar Ketua Konsentrasi STIK-P Dr Hj Nadra Ideyani Vita MSi yang disambut oleh Wakil Pemimpin Redaksi Waspada Online Austin Tumengkol, Redaktur Pelaksana M Agus Utama, dan Business Director Suprapti Indah Putri di Gedung Bumi Warta Waspada, Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (23/7).

Nadra menyebutkan dunia kerja, khususnya perusahaan pers, yang sebenarnya tidaklah seindah yang diimpikan para mahasiswa. Karena itu, segala macam materi dan teori yang didapat di dalam kelas wajib diaplikasikan dalam kegiatan PKL tersebut, khususnya para calon jurnalis.

"Artinya, banyak dinamika, pengalaman bahkan konflik yang akan dilalui sebagai proses pembinaan saat nanti terjun ke dunia kerja yang sebenarnya," ujar Nadra.

"Kalaupun ada teguran atau bahasa yang keras dari para tentor (pembimbing, red) di Waspada Online, itulah bentuk proses tadi. Itu tandanya mereka sayang kepada mahasiswa," tambah Nadra yang juga lulusan STIK-P Angkatan Pertama (1988).

Austin menambahkan perusahaan pers yang dipimpinnya siap menampung dan memberikan pengalaman bagi mahasiswa. Apalagi, tambah Austin, Waspada Online selalu mengayomi dan membimbing setiap mahasiswa PKL dengan penuh keseriusan.

"Kita pasti bimbing mereka dengan baik. Terkhusus mahasiswa STIK-P, karena kami juga adalah bagian dari lembaga yang didirikan oleh almarhumah Bunda Ani Idrus, nenek kami," tambahnya.

Khusus di Waspada Online, Agus Utama menambahkan 90 persen tim redaksi merupakan lulusan STIK-P. Tak heran, para alumni tersebut memiliki tanggung jawab moral lebih untuk membina dan mengayomi juniornya dari satu almamater.

Selain tujuh mahasiswa di Waspada Online, STIK-P juga mengirim 14 mahasiswa lain praktik di berbagai perusahaan. Hanya saja, kondisi pandemi Covid-19 menjadikan lokasi PKL pun terbatas. Tahun ini, mahasiswa juga praktik di Kaldera.co.id, Kitakini News, LKBN Antara Biro Sumut, TVRI Sumut, Rocketbee, dan matatelinga.com. (wol/ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *