Renstra

RENSTRA SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI “PEMBANGUNAN”

Badan Penyelenggara STIK “Pembangunan” Medan adalah Yayasan Pendidikan Ani Idrus (YPAI) yang didirikan pada 18 Mei 1987 dan berlokasi di  Jl. SM Raja 140 Medan. YPAI didirikan berdasarkan Akta Notaris Nomor: 10, pada 26 Januari 1999, dengan akta perubahan Notaris ADE YULIANTY, SH, MKn Nomor: 08, pada 10 Agustus 2010.

Susunan Pengurus Yayasan Pendidikan Ani Idrus:

Ketua                                : H. Tribuana Said, MDS

Sekretaris                       : Indra Buana Said

Bendahara                      : dr. Hj. Rayati Syafrin, MBA ,MM

Susunan Badan Penyelenggara PTS:

Ketua                               : Drs H. Sakhyan Asmara M.SP

Sekretaris                      : H. Teruna Jasa Said

Bendahara                     : H. Sofyan Harahap, S.Sos

Sementara susunan pengelola STIK “Pembangunan” Medan terbaru adalah:

Ketua STIK-P                : Hj. Ida Tumengkol, BComm, M.Hum

Pembantu Ketua I        : Austin Antariksa, S.Sos, M.I.Kom

Pembantu Ketua II      : Suprapti Indah Putri, SP, M.I.Kom

Pembantu Ketua III     : M. Hidayat, S.Sos, MA

STIK “Pembangunan” Medan adalah satu-satunya perguruan tinggi yang mengasuh ilmu komunikasi dengan konsentrasi Ilmu Jurnalisme dan Public Relations di Provinsi Sumatera Utara bahkan di Provinsi Aceh. Ini berarti, bahwa STIK “Pembangunan” Medan adalah perguruan tinggi yang memiliki peran besar dalam mendidik para generasi muda bangsa untuk menjadi praktisi jurnalistik dan public relations. Namun kendala yang dihadapi selama ini adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan pendidikan di kampus ini. Sebagai lembaga pendidikan yang menyediakan tenaga-tenaga praktisi yang siap pakai, semestinya STIK “Pembangunan” Medan memiliki sarana prasarana yang representatif di samping sumber daya manusia tentunya.

Hal ini membuat daya serap STIK “Pembangunan” Medan terhadap mahasiswa baru menjadi sangat terbatas, tidak sebanding dengan potensi dan peluang yang dimiliki. Pada awal berdiri, STIK “Pembangunan” Medan pernah menerima lebih dari 100 mahasiswa. Namun seiring banyaknya universitas lain di Medan yang membuka Program Studi Ilmu Komunikasi, seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, jumlah mahasiswa terus mengalami pasang surut.

Pendidikan tinggi di STIK “Pembangunan” Medan secara kontiniu menyiapkan sarjana-sarjana komunikasi yang kompetitif, memiliki intelektual paripurna yang mampu menjunjung tinggi almamaternya, tangguh, terampil, disiplin, dan bertanggung jawab. Cita-cita luhur itu memerlukan proses yang tidak terlepas dari kemampuan pemanfaatan perangkat sarana prasarana yang mendukung berjalannya sistem pendidikan yang profesional.

Untuk mencapai hal tersebut, proses seleksi telah dimulai sejak penerimaan mahasiswa baru. Sistem penerimaan mahasiwa baru yang selama ini diterapkan adalah sebagai berikut:

  • Seleksi administratif meliputi seleksi kelengkapan berkas-berkas persyaratan sebagai mahasiswa baru di STIK “Pembangunan” Medan.
  • Proses wawancara setiap mahasiswa baru yang memberikan penilaian atas minat, motivasi, semangat dan potensi dasar yang dimiliki seorang calon mahasiswa baru di STIK “Pembangunan” Medan.
  • Ujian masuk mahasiswa baru, tentang ilmu komunikasi dan ujian Bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, setiap dosen diharapkan bisa memberikan materi-materi yang ter-update untuk mahasiswa. Namun tidak semua dosen yang bisa melakukan hal tersebut, karena keterbatasan waktu dan kurangnya kesadaran pentingnya memperbaharui ilmu mereka. Akibatnya mahasiswa menjadi cepat bosan dengan materi yang ada dan tingkat kehadiran di kelas menjadi rendah. Cara penyajian materi di kelas juga kebanyakan dosen belum kreatif, slide show yang ditampilkan cenderung kaku dan tidak atraktif. Seharusnya dosen juga mampu untuk menampilkan materi dalam bentuk video ataupun grafis yang menarik. Dosen di STIK-P juga minim minatnya untuk mengerjakan penelitian, mereka beralasan tidak memiliki waktu luang untuk penelitian, karena sebagian besar dosen STIK-P juga bekerja di institusi atau perusahaan lain.

Saat ini, nilai akreditasi program studi ilmu komunikasi di STIK-P masih C, hal ini juga yang membuat minimnya mahasiswa baru yang diterima, sejak 3 (tiga) tahun terakhir mahasiswa baru yang diterima STIK-P tidak mencapai 60 orang. Angka ini masih jauh dari target yang diharapkan mencapai angka 80 orang. Sementara, proses pelayanan pendidikan STIK-P Medan memiliki sumber daya manusia  yang meliputi staf akademik, perpustakaan, dan staf keuangan seperti sebagai berikut:

 Tabel 15. Susunan Struktur Organisasi STIK ”Pembangunan” Medan 2015

No N a m a Jabatan Tahun Masuk
1. Drs. H. Sakhyan Asmara, M.SP Ketua BP PTS STIK-P 1987
2. H. Teruna Jasa Said Wakil Ketua BP PTS STIK-P 2000
3. Drs. H. Rukzaidan Anggota BP PTS STIK-P 1995
4. Hj. Ida Tumengkol, BComm, M.Hum Ketua STIK-P 2000
5. Prof. Dr. H. Suwardi Lubis, MS Lembaga Penjaminan Mutu 1987
6. Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si Lembaga Penelitian 1989
7. Dedi Sahputra, S.Sos, MA Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat 2008
8. Austin E. Antariksa T, S.Sos, M.I.Kom Pembantu Ketua I 2006
9. Suprapti Indah Putri, SP, M.I.Kom Pembantu Ketua II 2010
10. Muhammad Hidayat, S.Sos, M.Si Pembantu Ketua III 2007
11. Dra. Nadra Ideyani Vita, M.Si 1994
12. Ramdeswati Pohan, S.Sos, M.Si Ketua Konsentrasi 2012
13. Ferdy Siregar, SE Unit Lab. Broadcast 2005
14. Sri Ratih Muhayani, SS, M.Hum Unit Lab. Multimedia 2007
15. Hj. Mefri Wernis, S.I.Kom Kabag  Tata Usaha 1995
16. Rini Harnum Lubis, S.Pd Staf Adm. Umum/Keuangan 2010
17. Sarizah Fitri Lubis, S.Sos Staf Tata Usaha 2010
18. Dian Kristanto, S.I.Kom Kasubbag Kemahasiswaan 1992
19. Abdul Khoir, A.Md Staf Kemahasiswaan 2005
18. Fina Rosa, S.Sos Staf Akademik 2012
20. Leni Lidiawati, S.Sos Staf Akademik 2013
21. Fifi Ernawati, S.I.Kom Staf Akademik 2008
22. Loly Suhaila, S.Sos Staf PDPT 2014
23. Agus, S.Sos Unit Perpustakaan 2015

Berikut adalah uraian program pengembangan untuk peningkatan kualitas pendidikan dalam 2-3 tahun ke depan yang disesuaikan dengan rencana strategis STIK-P.

  1. Bidang Organisasi dan Manajemen

Kebijakan Dasar

  1. Pengembangan manajemen organisasi yang berbasis pada penguatan database prodi Ilmu Komunikasi, melalui pembuatan bank data dan website prodi.
  2. Penyusunan dan pelaksanaan program kerja yang mengacu peningkatan kualitas kerja dalam menciptakan pelaksanaan organisasi Prodi Ilmu Komunikasi yang profesional, sehat, transparan, akuntabel, dan dinamis.

–  rapat program kerja setiap satu tahun sekali di awal tahun

–  review pelaksanaan program kerja setiap akhir semester

–  Sosialisasi hasil management review  (program kerja)

  1. Peningkatan akreditasi kelembagaan berdasarkan standar nasional versi BAN-PT dengan audit internal berdasar standar penjaminan mutu STIK-P Medan
  2. Pengembangan sumber daya manusia, baik tenaga dosen maupun pendidikan, melalui pengiriman dosen untuk studi lanjut dan atau pengiriman dosen/tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi dosen/tenaga kependidikan

Tabel 16. Rencana Program 20162018

Rencana Program 2015 2016 2017 2018 Keterangan
Rapat Kerja (Raker) Prodi Ilmu Komunikasi 1 tahun sekali setiap awal ajaran baru
Rapat Kerja Internal Per 3 Bulan Sekali
Sosialisasi Dosen PA Setiap Awal Semester Baru

 

  1. Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan

Kebijakan Dasar

  1. Penambahan dosen sesuai dengan kajian peminatan prodi Ilmu Komunikasi
  2. Menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan program yang terukur dan evaluasi secara periodik dan mengacu pada standar Ristek Dikti.
  3. Peningkatan kualitas SDM dosen melalui pengikutsertaan dalam berbagai forum ilmiah baik lokal maupun nasional
  4. Mengembangkan bakat dan  potensi  mahasiswa  (akademik  dan non akademik) untuk berprestasi
  5. Peningkatan motivasi prestasi mahasiswa melalui berbagai kegiatan kompetisi yang diselenggarakan baik internal maupun eksternal kampus (prodi ilmu komunikasi).
  6. Pendidikan yang  selalu  adaptif  dan  relevan  dengan kepentingan masyarakat
  7. Pembaharuan kurikulum pendidikan yangmampu melahirkan praktisi ilmu komunikasi profesional dan dijiwai  oleh semangat entrepreneur
  8. Peningkatan daya saing lokal sebagai langkah menuju daya saing nasional.
  9. Peningkatan kuantitas, kualitas, kompetensi, dan profesionalisme dosen.
  10. Pengembangan inovasi dan kreativitas penelitian mahasiswa
  11. Pembekalan soft skill kepada mahasiswa sebagai upayauntuk memberikan nilai tambah lulusan prodi Ilmu Komunikasi
  12. Pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa yang produktif dan mampu mengharumkan nama prodi Ilmu Komunikasi baik di tingkat lokal maupun nasional
  13. Pengembangan program tracer study dan peningkatan sistem informasi ketenagakerjaan bagi Prodi Ilmu Komunikasi

Tabel 17. Rencana Program 20162018

Rencana Program 2015 2016 2017 2018 Keterangan
Lokakarya Kurikulum 1x per 4 tahun (2016)
Pemutakhiran GBPP Awal semester baru
Seminar Lokal dan Nasional 1x setahun
Kuliah Tamu 1x per semester
Tracer Study Sepanjang tahun (minimal 1x jelang wisuda)
Seminar terbuka hasil penelitian dosen dan skripsi mahasiswa yang berpotensi untuk mengembangkan bidang keilmuan, dan industri kreatif Sepanjang tahun jika ada materi yang menarik untuk diseminarkan
Kajian keilmuan komunikasi 4 bulan sekali
Workshop Ilmu Komunikasi Minimal 1x setahun
Evaluasi jasa Dosen Tiap semester
Festival Ilmu Komunikasi(STIK-P Weekend) Tiap tahun
Pameran Foto/Video dan bedah buku Tiap tahun

 

  1. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Kebijakan Dasar

  1. Meningkatan kemauan dan kemampuan dosen dalam bidang penelitian, dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mengarah padapemberdayaan tenaga dosen dalam bidang penelitian.
  2. Meningkatkan jumlah proposal penelitian yang dikirim ke persaingan di luar kampus.
  3. Meningkatkan peran akademik dalam pengabdian kepada masyarakat

Tabel 18. Rencana Program 20162018

Rencana Program 2015 2016 2017 2018 Keterangan
Seminar Nasional 1 tahun sekali setiap awal ajaran baru
Kuliah Tamu Per 3 Bulan Sekali
Sosialisasi Dosen PA Setiap Awal Semester Baru
Seminar terbuka hasil penelitian dosen dan skripsi mahasiswa yang berpotensi untuk mengembangkan bidang keilmuan, dan industri kreatif Sepanjang tahun jika ada materi yang menarik untuk diseminarkan
Kajian keilmuan komunikasi 4 bulan sekali
Evaluasi jasa Dosen Tiap semester
Pameran Foto/Video dan bedah buku Tiap tahun
  1. Bidang Penunjang Penyelengaraan Pendidikan

Kebijakan Dasar

  1. Pengembangan laboratorium baik secara kualitatif maupun kuantitatif sebagai sarana   penunjang pendidikan yang mampu memenuhi standar minimal pendidikan nasional (Lab  Public Relations, Lab Fotografi, Lab Broadcasting, Studio TV, dan Lab Desain Grafis, dan Periklanan).
  2. Pengembangan tenaga laboran yang bersertifikasi untuk peningkatan pelayanan pendidik.

Tabel 19. Rencana Program 20162019

Rencana Program 2016 2017 2018 Keterangan
Proposal pendirian laboratorium secara bertahap (Lab.  Public Relations, Lab. Fotografi, Lab. Broadcasting, Studio TV, Lab. Desain Grafis dan Periklanan) Optional hingga kebutuhan terpenuhi
Kuliah Pengajuan usulan rekruitmen tenaga laboran Optional hingga kebutuhan terpenuhi

 

Salah satu cara untuk memenuhi program pengembangan untuk peningkatan kualitas pendidikan dalam 2-3 tahun ke depan adalah dengan peningkatan mutu pembelajaran. STIK-P memang tidak mengajukan pengembangan staf non-gelar, karena membutuhkan spesifikasi dan analisis yang lebih terperinci, sementara masa pembuatan proposal sekitar 20 hari. Berikut ini dijabarkan mengenai program pengembangan yang diajukan dalam proposal pembinaan PTS 2015.

 

Program Peningkatan Mutu Pembelajaran

Latar Belakang

Tahun 2010 lalu, STIK-P berhasil membangun laboratorium komputer dari dana PHP PTS 2010, namun laboratorium ini hanya memiliki 20 unit komputer, sementara untuk mata kuliah Information Technology, mengedit video untuk mata kuliah dan UKM Broadcasting, mengedit foto untuk Fotografi I & II, dan Grafika mahasiswanya melebihi 25 orang setiap pertemuan. Terlebih lagi ruang laboratorium ini mengalami kebocoran karena angin puting beliung yang menyebabkan 9 (sembilan) unit komputer rusak. Sehingga diperlukan tambahan kembali komputer yang baru, dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sebelumnya agar saat mengedit video dan foto tidak mudah error sistemnya. Komputer juga sering mengalami kerusakan karena aliran listrik tidak stabil dan harus sering diinstall ulang. Selain itu, juga dibutuhkan printer (untuk laboratorium komputer, dosen mencetak diktat dan berbagai layanan administrasi akademik lainnya), UPS dan Penyimpanan data external (portable hard drive) agar data hasil editing mahasiswa dapat disimpan, karena bukan hanya tugas tapi merupakan karya mahasiswa.

Seperti yang sering diberitakan, Sumatera Utara mengalami defisit listrik, sehingga sering kali mengalami pemadaman sehingga sering merusak peralatan elektronik di kampus, sehingga dibutuhkan stabilizer yang sesuai dengan pemakaian listrik, terutama untuk laboratorium komputer, radio dan broadcast (sekitar 15kVA). Diharapkan dengan pengadaan stabilizer bisa menjaga kondisi peralatan di laboratorium sehingga membantu melancarkan proses belajar mengajar.

Sementara dalam proses belajar setiap harinya ada minimal ada 4 (empat)  mata kuliah setiap waktu ajar, namun saat kelas malam berlangsung maka akan naik jumlahnya menjadi 7 (tujuh) mata kuliah karena jam masuk kuliah siang dan malam yang bertabrakan, kuliah siang jam kedua pada pukul 17.00-18.30 akan bertabrakan dengan mahasiswa malam jam pertama yang masuk mulai pukul 17.30-19.00. Akhirnya terjadilah kekurangan peralatan belajar mengajar seperti laptop dan projector. Saat ini projector yang layak digunakan hanya 3 unit saja dan 1 diantaranya mulai muncul bintik-bintik hitam di hasil proyeksinya, sedangkan 3 unit lagi telah rusak (masa 4 tahun pemakaian). Karena tidak menggunakan projector bahan yang disampaikan dosen menjadi kurang menarik dan mahasiswa menurun kehadirannya. Bahkan banyak mahasiswa tidak bisa ikut serta ujian karena tingkat kehadirannya di bawah 60 %.

Selain itu, juga dibutuhkan pengadaan mesin fotokopi yang baru, karena mesin fotokopi lama sudah digunakan lebih dari 10 tahun dan sudah lebih dari 5 kali perbaikan. Mesin fotokopi ini untuk mengopi diktat dosen, soal ujian (agar terjaga kerahasiaannya), juga file-file lain yang bersifat hanya untuk internal kampus.

Progran peningkatan pembelajaran ini memang sangatlah difokuskan untuk membantu mahasiswa untuk belajar dan kehadirannya di kelas semakin membaik. Tak hanya meningkatkan kehadiran dan membuat IPK mahasiswa naik tapi juga membantu mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya. Tentunya pada akhirnya bisa meningkatkan akreditasi STIK-P. Berikut ini adalah indikator kinerja yang ditargetkan dalam 2 tahun ke depan:

Tabel 20. Nilai baseline indikator kinerja dan target Prodi Ilmu Komunikasi STIK-P Medan

Indikator kinerja baseline

tahun

2014

Target tahun

2015

Target tahun

2016

Jumlah mahasiswa Baru 55 60 70
Rata-rata Lama Studi Lulusan 4 tahun8 bulan 4 tahun7 bulan 4 tahun6 bulan
Rata-rata IPK Lulusan 3,20 3,25 3,30
Jumlah lulusan per tahun 35 40 50
rata-rata penyelesaian tugas akhir 12 bulan 10 bulan 8 bulan
pemanfaatan lab multimedia(bahasa & komputer) 1 kali per minggu 2-3 kali per minggu 3-4 kali per minggu
Pemanfaatan lab Broadcast 1 kali per minggu 2-3 kali per minggu 3-4 kali per minggu
status akreditasi C B B

 

TABEL KEILMUAN DAN TOPIK PENELITIAN 2O17/2O18 – 2O22/2O23

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI PEMBANGUNAN

1. Kompetensi Keilmuan Ilmu Komunikasi
2. Isu-isu Strategis Pariwisata Danau Toba, Perkebunan, Budaya Lokal, Partai Politik dan Ormas Islam, serta Media Massa dan Media Sosial.
3. Konsep Pemikiran Potensi besar yang tengah dikembangkan di Sumatera Utara adalah Pariwisata Danau Toba dengan mengucurkan puluhan triliun anggaran dari APBN. Selain itu perkebunan juga merupakan suatu potensi daerah yang lain, yang sejak lama telah memberi sumbangan besar bagi pembangunan nasional.

Pengembangan kedua sektor strategis tersebut sangat dipengaruhi oleh budaya lokal di Sumatera Utara, yang diwarnai banyak sekali etnis berbeda. Di samping itu peran serta partai politik dan Ormas Islam belakangan ini telah memberi sumbangan bagi dinamika yang tinggi dalam kehidupan berbangsa. Akselerasi partai politik dan Ormas Islam ini terkait erat dengan penggunaan dan pengaruh media massa dan media sosial.

4. Pemecahan Masalah Perlu dipahami secara mendalam situasi budaya lokal, partai politik dan Ormas Islam serta media massa dan media sosial agar diiperoleh elemen-elemen yang justru akan memperkuat dan mendukung dua potensi utama Sumatera Utara yakni pariwisata Danau Toba dan Perkebunan.
5. Topik Penelitian Peran komunikasi sosial-politik-budaya dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata Danau Toba dan Perkebunan di Sumatera Utara.

 

Media massa dan media sosial dalam proses komunikasi di masyarakat Sumatera Utara.