Nasoha: Peran PR Amat Vital Dalam Perusahaan

09NASOHA

             MEDAN, WOL - Public Relations (PR) merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat  antara organisasi dengan publik. Dikaitkan dengan pengertian di atas, maka kegiatan PR dimulai dari pembenahan organisasi internal hingga membangun citra perusahaan

            “PR juga membangun hubungan baik di dalam maupun luar perusahaan. Hubungan internal berusaha membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan saling bermanfaat antara manajer dan karyawan serta tempat organisasi menggantungkan kesuksesannya,” kata. Corporate Affairs North Sumatera Operation Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI), Ahmad Nasoha SSos, di hadapan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) di kampus tersebut, Jalan SM Raja Medan, Jumat (9/9).

            Untuk di luar perusahaan, kata Nasoha, PR melakukan media relations yakni kegiatan publisitas, media visit, dan media gathering. Lalu,lobbying merupakan kegiatan menjalin dan memelihara hubungan dengan pemerintah, dengan tujuan memengaruhi penyusunan undang-undang dan regulasi.

            Selain itu, PR sebagai komunikator dan mediator berupaya membentuk sikap dan pendapat yang positif dari masyarakat melalui rangsangan tertentu. Mendorong publik untuk berperan serta dalam aktivitas perusahaan/organisasi, agar tercipta perubahan sikap dan penilaian (perubahan situasi negatif menjadi positif).

            “Perubahan sikap dan penilaian dari pihak publik yang terjadi kemudian membutuhkan pembinaan  atau pengembangan terus menerus agar peran serta tersebut terpelihara dengan baik,” tambah Nasoha yang juga menamatkan studi di STIK-P.

Sebagai penutup, Nasoha menyebutkan PR harus memiliki kemampuan melihat ke depan atau memprediksi sesuatu secara tepat didasari pengetahuan akan data aktual dan faktual yang menyangkut kepentingan organisasi.

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*