Ngobrol Seru Bareng Sesama Komunitas di Digital Gathering

DIM WOL Photo/Putri Bakri

MEDANWOL – Digital sangat memiliki peran penting bagi sosial media dan para penggiat sosial media (sosmed) harus bisa terus melakukan inovasi-inovasi untuk membesarkan media sosialnya. Memiliki serta aktif di sosial media juga harus menghindari kebohongan, maksudnya adalah pemilik akun harus memiliki prinsip yang jujur dan menjadi penggiat sosial yang berprinsip. Digital sangat dekat dengan masyarakat terutama bagi sebagian kelompok yang memanfaatkan digital sebagai media promosi mereka. Seperti komunitas misalnya yang membutuhkan media digital sebagai wadah mengekspos di setiap kegiatan yang mereka lakukan. Bertempat di aula Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan, Kamis (10/3), Waspada Online bekerja sama dengan STIK-P Medan dan XL menggelar kegiatan Digital Gathering 2016 bersama kawan-kawan komunitas di Medan. Kegiatan diawali dengan perkenalan dari masing-masing komunitas dilanjutkan sharing session bersama reporter Waspada Online, Caessaria Indra Putri, dan Ega Ibra yang merupakan fotografer Waspada Online. Pada kesempatan itu, Caessaria menerangkan bahwa press release itu menjadi salah satu bagian perusahaan maupun kelompok menginfokan kegiatannya dengan meminta media untuk dipublikasi.

Press Release itu salah satu bentuk tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media massa, Nah, ini yang diutamakan dalam membuat press release juga harus ada unsur 5 W +1 H nya,” tuturnya.

STIKP-5

Selain itu, Ega Ibra juga menyampaikan tentang release foto di mana pembuatan release-nya tidak sepanjang berita.

“Dalam pembuatan release foto juga mengutamakan 5W+1H dan isi caption fotonya lebih jelas dan padat agar memudahkan pembaca mengerti tentang foto tersebut,” ungkapnya. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi oleh salah satu pengurus komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGI), Desy yang sangat kagum dan bangga bisa diundang dalam kegiatan tersebut. “Senang pastinya, karena bisa kenal dengan kawan-kawan komunitas lain dan banyak ilmu serta pengalaman yang saya dapat, terutama dalam bidang penulisan press release. Jadi nanti kalau kami buat acara sudah tidak sulit lagi menulisnya,” tutupnya. (wol/eko/data1) Editor AUSTIN TUMENGKOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*