BUKA PENDAFTARAN ONLINE MAHASISWA BARU, STIK-P BERI BUKTI BUKAN JANJI

MEDAN - Memasuki tahun ajaran baru, tentunya sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun telah berbenah sekaligus mempersiapkan diri untuk bersaing mempromosikan diri kepada peserta didik baru.

Namun persaingan bukan hanya datang dari PTS saja, bahkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga kerap menjadi tantangan. Menghadapi fenomena tersebut, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan terus fokus mempersiapkan diri. Terlebih kampus yang konsen di dunia komunikasi ini sudah teruji dalam melahirkan ratusan jurnalis, broadcaster, dan praktisi Public Relations (PR).

Ketua STIK-P, Dr H Sakhyan Asmara MSP, mengatakan pihaknya sejak dulu memilih untuk lebih mengedepankan praktik lapangan daripada teori. Tentunya ini agar para lulusan lebih siap di lapangan dan dunia kerja.

“Kalau aplikasi jurnalistik cetak melalui berbagai pelatihan, maka materi jurnalistik televisi sering dipraktikkan melalui berbagai kegiatan, di samping praktik mata kuliah itu sendiri. STIK-P juga kerap mengundang jurnalis dari berbagai media, seperti MetroTVWaspada Group, TV One serta insan Dewan Pers demi menambah wawasan mahasiswa,” kata Sakhyan, Jumat (10/4) via whatsapp.

Dikatakan, kini banyak alumni yang sudah bekerja di media besar skala nasional, di antaranya Sri Wana Sari (TV One), Rommy Siahaan (Metro TV), Astri Kartika (Kompas TV), dan banyak lagi. Selain itu, kampus ini juga memiliki dosen pengasuh yang merupakan praktisi di bidangnya dengan pendidikan S-2.

“Ini yang membuat STIK-P lebih digemari dari sejumlah kampus swasta lainnya. Karena memang kami sudah membuktikannya dengan melahirkan para lulusan yang andal dan siap pakai. Para lulusan tidak kalah dengan mereka yang tamat dari kampus besar, karena kualitas individu sekarang yang dilihat, bukan nama kampus,” tegas mantan Sesmenpora ini.

Bahkan untuk fasilitas pendukung, kampus mungil yang berada di Jl SM Raja No 84 tersebut mengalami perubahan secara signifikan. Semakin membaiknya fisik bangunan, alat-alat penunjang studi maupun laboratorium pun lebih memadai.

“Dengan semakin lengkapnya sarana dan fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium radio, perlengkapan kamera, audio visual, dan broadcasting, itu pula hal yang dapat memicu mahasiswa mengembangkan bakat minatnya. Belum lagi jebolan STIK-P terjamin dilirik perusahaan media,” tambahnya.

Tak hanya itu, juga tersedia organisasi kemahasiswaan seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Potret untuk hobi fotografi, pecinta alam, Sakka untuk kreativitas seni, dan Tirai yang menyukai seni peran atau teater. Tak lupa juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)-nya yang rutin menghidupkan kegiatan kampus.

“Selain itu, kampus juga kerap menantang mahasiswa untuk menyalurkan ilmu yang sudah didapatnya, seperti menggelar perlombaan terkait bidang yang dipelajari seperti menulis feature, live report, news presenting, fotografi, dan banyak lagi. STIK-P pun rutin ikut IMPACT di Malaysia tiap akhir tahun,” pungkasnya.

Jadi, bagi siapapun yang mau tahu lebih jauh tentang STIK-P atau mau langsung mendaftar bisa membuka situs stikpmedan.ac.id atau datang ke kampus mulai pukul 15.00 WIB. Buktikan sendiri ilmu komunikasi di STIK-P is jaminan mutu! (arianda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *