Home / KABAR KAMPUS / Siswa YP Teladan Jadi Tahu dan Minat Ilmu Komunikasi

Siswa YP Teladan Jadi Tahu dan Minat Ilmu Komunikasi

*Roadshow STIK-P

YAYASAN Pendidikan Teladan Sei Rampah menjadi salah satu sekolah beruntung yang disinggahi tim roadshow Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan. Sabtu (11/3) lalu.

Acara yang digelar di Jalan Medan No 5 Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai ini berlangsung semarak. Sekira 100-an siswa dari SMA maupun SMK YP Teladan antusias mendengarkan pemateri STIK-P.

Kedua pemateri STIK-P tersebut adalah Austin Tumengkol SSos MIKom yang juga Pembantu Ketua (Puket I) Bidang Akademik dan Kerja Sama dan Suprapti Indah Putri SP MIKom (Puket II) yang juga dosen Broadcasting sekaligus mantan reporter Metro TV. Setelah memaparkan ilmu komunikasi dan keunggulan kampus STIK-P, Austin membeberkan peluang kerja bagi tamatannya.

“Tidak dipungkiri bahwa lulusan STIK-P mendominasi industri media di Sumatera Utara. Lapangan kerja selalu menanti dan mencari sarjana dari STIK-P yang siap pakai,” sebutnya.

Kepada siswa, Putri para memberi penjelasan tentang kelebihan dan keunggulan konsentrasi dimiliki STIK-P, yakni Public Relations (PR), Jurnalistik, dan Broadcasting. Disebutkan, STIK-P yang didirikan tokoh pers nasional Hj Ani Idrus tidak hanya sekadar memberi materi teori. Mahasiswa pun lebih banyak belajar praktik di lapangan.

“Intinya, lulusan ilmu komunikasi memiliki keunggulan dengan bisa kerja di segala bidang, baik itu ekonomi, hukum, psikologi, pendidikan, manajemen, dan lainnya. Sebaliknya, tidak semua bidang itu bisa masuk di komunikasi,” kata Putri.

Salah satu siswa, Wulandari, mengatakan kegiatan ini sangat menyenangkan dan memotivasi diri serta rekan-rekannya. Siswa lainnya, Alia, menyebutkan acara yang digelar oleh STIK-P ini memotivasi para siswa dan membuat mereka tertarik dengan Ilmu Komunikasi.

“Kegiatan ini juga membuat saya tertarik untuk menjadi seorang wartawan,” ucap Wulandari, siswa SMA kelas XII jurusan IPA itu.

Seperti biasa, siswa pun diberi kesempatan mengasah dii layaknya reporter televisi yang sesungguhnya. Belasan siswa turut merasakan pengalaman seorang reporter yang berhadapan langsung dengan kamera.


“Hebat-hebat anak-anak YP Teladan. Walau ini baru pertama kali, kebanyakan dari mereka sudah terlihat ada talenta menjadi reporter. Kalau mereka memang mau mengasah kemampuan dan tertarik, ayo masuk STIK-P!” ungkap Putri sekaligus mengajak siswa gabung STIK-P. *Syifa

Powered by keepvid themefull earn money