Home / KABAR KAMPUS / Alumni dan Mahasiswa STIK-P Lulus Uji Kompetensi Wartawan
Alumni, mahasiswa, dan penguji UKW fasilitas Dewan Pers 2024 di Medan diabadikan bersama, Jumat (8/3). (WOL Photo)

Alumni dan Mahasiswa STIK-P Lulus Uji Kompetensi Wartawan

MEDAN – Sebanyak 45 wartawan dinyatakan kompeten pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Fasilitas Dewan Pers tahun 2024 bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Hotel Grand Mercure Medan, Jumat (8/3).

Selain PWI, Dewan Pers juga bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI). Dari 24 pewarta foto yang diuji, seluruhnya dinyatakan kompeten. Bagi peserta yang kompeten, mereka pun melengkapi salah satu syarat meliput Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Dari 45 wartawan kompeten tersebut, sembilan di antaranya merupakan alumni dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIK-P) Medan. Enam alumni mewakili PFI, sedangkan tiga lainnya lulus UKW dengan penguji dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sembilan peserta itu turut melengkapi ratusan lulusan STIK-P sebelumnya yang telah dinyatakan kompeten. Dua alumni lulus UKW tingkat Madya adalah M Agus Utama dan Syahrial Siregar, sedangkan tujuh kompeten tingkat Muda terdiri atas Fiqih Adi Prasetia, Teguh Angga Panjaitan, Khairil Umri, Kadri Boy Tarigan, Triadi Wibowo, Yudi, dan Agung Pratama.

Tak hanya itu, dua penguji nasional dari PWI juga tercatat sebagai alumni dan dosen STIK-P. Kedua penguji dimaksud adalah Austin Tumengkol SSos MIKom dan Dr H D kokedi Sahputra MA. Pada UKW PWI ke-778 tersebut, Austin menguji kelas Muda dan Dedi di tingkat Madya.

“Tentu saja kami turut bangga dengan pencapaian para alumni maupun mahasiswa STIK-P yang memang kampus melahirkan wartawan profesional dan berkualitas. Pun begitu, tanggung jawab sebagai wartawan kompeten ke depan tetap harus dijaga,” kata Austin yang juga Pembantu Ketua I STIK-P.

“Terlepas sama-sama satu almamater, kami berstatus penguji yang tidak pandang bulu dan tidak mengintervensi hasil kelulusan peserta. Sebagai penguji, kami tetap harus menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas,” sebut Austin dan Dedi.

Tercatat, UKW ke-68 bagi PWI Sumut dan ke-778 bagi PWI secara nasional diikuti 60 peserta. Dari 33 peserta UKW PWI yang hadir, 21 wartawan dinyatakan kompeten dan 12 belum kompeten. Di lain pihak, seluruh 24 peserta UKW Pewarta Foto lulus.

Paulus Tri Agung Kristanto menyebutkan bahwa pelaksanaan UKW yang difasilitasi oleh Dewan Pers ini pertama kali diselenggarakan tahun ini dan Sumut mendapat kesempatan perdana. Dewan Pers juga memberi apresiasi atas hasil prosesi UKW sekaligus berharap wartawan Sumut mampu mewujudkan jurnalisme yang berkualitas.

“Saya gembira karena banyak teman-teman yang dinyatakan kompeten. Artinya. mereka menjalankan tugasnya dengan baik. Penguji juga saya kira menjalankan tugas dengan baik,” tutur Tri Agung yang juga Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Dewan Pers. (aa)

Teks foto: Alumni, mahasiswa, dan penguji UKW fasilitas Dewan Pers 2024 di Medan diabadikan bersama, Jumat (8/3). (WOL Photo)

Web stik-p medan, pwi, dewan pers, ukw, wartawan, pfi

Powered by keepvid themefull earn money